Ahlan wa sahlan...
Selamat datang di blog Curat Coret - Spirit to Share...
Semoga apa yang disajikan dalam blog ini bermanfaat...
Thank's for your visiting...

Rabu, 27 Oktober 2010

bikin video lecture yuk...!!!

video lecture adalah video kuliah pada saat dosen (lecturer) sedang menyampaikan materi kuliah (bukan seperti video di samping). awalnya, saya tau istilah video ini sudah cukup lama mungkin ada 2 tahun ke belakang. saya dikasih tau oleh dosen saya Pa Irawan Febrianto bahwa kita bisa menyaksikan video kuliah di luar negeri dengan menonton video lecture ini. contohnya di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di situs resminya kita bisa mendownload video lecture mata kuliah yang bersesuaian dengan jurusan yang ada disana. jika kita menonton video itu, ya sama saja dengan kita kuliah disana.

akhirnya saya pun mendownload beberapa matakuliah yang pernah saya pelajari, yaitu aljabar linear, persamaan diferensial parsial, kalkulus, dan struktur data. dengan kemampuan bahasa Inggris yang seadanya, saya pun mencoba memahami apa yang disampaikan oleh dosen disana. akhirnya saya pun berpikir, "ternyata begini ya belajar di luar negeri tu...!!!".

ternyata di MIT itu di setiap ruangan kelas terdapat kamera yang berfungsi untuk merekam apa yang disampaikan dosen di kelas. setelah di analisis, ternyata tujuan pembuatan video itu di samping tujuan promosi kampus, juga agar mahasiswa disana bisa mengulang kembali apa yang disampaikan dosennya di kelas. tentu ini akan sangat membantu bagi mahasiswa yang kurang cepat memahami apa yang disampaikan dosennya. mahasiswa bisa memutar kembali video itu tanpa ada batasan berapa kali dan kapan saja bisa.

sekarang saya diberi kesempatan untuk menjadi lecturer assistant of laboratory, untuk mata kuliah Struktur Data. ternyata saya menemukan beberapa kendala mahasiswa dalam memahami materi. saya sendiri sudah berusaha menyampaikan materi secara detail, dengan bahasa yang sederhana, dengan penyampaian yang sistematis, tidak terlalu cepat, dengan analogi-analogi yang mudah difahami, dan terkadang menjelaskan ulang apabila ada mahasiswa yang belum faham.

pada suatu hari, ada mahasiswa yang meminta penjelasan yang kedua kali tentang bahasan A misalnya. dan saya pun bersedia untuk menjelaskannya kembali. ternyata dia (si penanya) lebih memahami materi pada penjelasan saya yang kedua. lantas saya berpikir dan muncul pertanyaan, "apakah cara saya menjelaskan hari ini berbeda dengan cara menjelaskan minggu yang lalu?". kalau saya introspeksi diri, saya merasa cara penyampaian saya hari ini tidak jauh berbeda dengan penjelasan minggu lalu. mungkin dari redaksi kata ada yang ditambah ada yang dikurang (tidak mungkin sama), akan tetapi dari sistematika penyampaian dan analogi-analogi yang digunakan itu tidak jauh berbeda. kemudian saya berpikir, mungkin masalahnya ada di mahasiswa itu sendiri. mungkin saja, pada pertemuan sebelumnya dia tidak konsentrasi memperhatikan penyampaian materi. mungkin saja pada minggu kemarin dia sedang banyak pikiran, banyak masalah, baru diputusin pacar, banyak hutang, mungkin juga lagi ngantuk, entahlah apa penyebabnya. atau bisa juga hal itu disebabkan oleh kemampuan dia dalam menyerap materi. ada mahasiswa yang tidak cukup 1 kali penjelasan, dia faham. mungkin saja pada penjelasan 2, 3, 4 kalinya baru bisa faham. kita tau tidak ada manusia yang sempurna. 
maka dari itu, saya berpikir untuk memecahkan masalah di atas, video lecture adalah solusinya. walaupun sebenarnya kita bisa menemukan solusi lain, yaitu mahasiswa itu harus lebih ekstra lagi belajar di luar kelas. akan tetapi video lecture akan membantu mahasiswa yang kurang cepat memahami materi kuliah dengan cara memutar video itu mau berapa kali pun, sampai butek sekalipun, dan kapan pun pada saat kondisi mahasiswa itu sedang fresh dan siap menerima ilmu itu akan lebih baik. 

saya pun terinspirasi untuk membuat video lecture untuk mata kuliah praktikum yang sekarang saya ajar, yaitu struktur data. dengan harapan bisa membantu mahasiswa dalam memahami materi. sekarang saya sudah buat tim, mudah-mudahan dalam waktu dekat video itu bisa mulai diproduksi. amin.

yaa, itung-itung iseng in mah. "pura-pura" jadi artis. hehe...
tapi walaupun iseng, mudah-mudahan bermanfaat...
 
--- coming soon ---
video lecture "Strruktur Data" dan "Dasar Pemrograman" di home theater anda masing-masing.


:f :D :) ;;) :x :$ x( :? :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

2 komentar:

Susan Sukmana mengatakan...

assalamu'alaikum kang
infonya makash, bagus jd penasaran..
video lecture buatannya udah ada n bisa di download blum? hehe
eh ia kang, cara nampilin gambar sinchan n ahlan wasahlannya gimana?

Dian Nuraiman mengatakan...

dear Susan:
wa'alaikumsalam....:)
mdah2an dlam wktu dekat ad video yg bsa d share..
tunggu yaa...:D

cra nampilin sinchan lupa lgi sy teh, gmna ya cranya. udah lama soalnya. search aja di google ya..:~

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Petunjuk Posting Komentar

Hai,visitor...
Bagi anda yang masih bingung cara ngisi komentar, berikut adalah petunjuknya. Ada beberapa cara:
(1) Jika anda punya akun di blogspot, maka pilihlah beri komentar sebagai Google Account, poskan komentar dan login. (2) Jika anda punya blog di wordpress, maka pilihlah WordPress, kemudian login. (3) Jika hanya punya email di gmail, pilihlah Google Account, walaupun masuk ke alamat blogger, tapi masukkan saja alamat email di gmail & passwordnya. Kemudian akan tampil komentar sebagai Anonim, maka close dulu dg meng-klik tanda X, baru poskan komentar, maka akan berubah menjadi nama anda di Google Account. (4) Atau bagi anda yang punya situs pribadi (blog/website), pilih Name/URL kemudian masukkan nama dan alamat URLnya. Kalo anda ga punya site, masukkan aja alamat blog saya lah gpp, misal http://dianuraiman.blogspot.com/ biar tetep bisa komen (5) Atau pilih Anonymous, tapi kalau pilih ini saya tidak bisa tahu siapa yang ngasih komen, maka di posting komentarnya tambahkan nama anda. Untuk yg lainnya saya ga tau. OK, gampang kan!
Thank's for your visiting and your comments...

News @ OkeZone

News @ detik.com

Bola News @ OkeZone

Techno News @ OkeZone

:: Recent Posts ::